Nomor :1.01/VIII/I
Satuan Pendidikan : MTsN Singkil
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VIII/I
Pokok Bahasan : الساعة (التقديم )
Ketrampilan : الإستماع/ Menyimak
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Tahun Ajaran : 2011/2012
STANDAR KOMPETENSI :
- Menyimak : Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah
KOMPETENSI DASAR :
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frasa atau kalimat) tentang : الساعة – النشاطات فى المدرسة – فى البيت
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : الساعة – النشاطات فى المدرسة – فى البيت
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang : الساعة – النشاطات فى المدرسة – فى البيت
INDIKATOR :
1.1.1 Mengidentifikasi bunyi kata-kata Arab dan bunyi ungkapan/kalimat sesuai materi التقديم (hiwar pendek) yang diperdengarkan
1.1.2 Mengulangi ungkapan-ungkapan hiwar yang diperdengarkan dengan intonasi dan makhraj yang baik dan benar
1.1.3 Mengidentifikasi kata dan ungkapan yang sesuai dengan makna kata/ungkapan yang diperdengarkan dalam materi التقديم
1.2.1 Menyebutkan alur cerita hiwar dengan ringkas
1.2.2 Menyebutkan maksud ungkapan-ungkapan komunikatif tentang الساعة yang terdapat dalam materi التقديم
1.3.1 Menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar tentang الساعة dengan struktur kalimat dasar yang diperdengarkan
1.3.2 Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi التقديم tentang الساعة yang diperdegarkan
1.3.3 Menentukan gambar yang sesuai dengan kata/ungkapan yang diperdengarkan
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai peroses pembelajaran siswa diharapkan mampu :
§ Mengidentifikasi bunyi kata-kata Arab dan bunyi ungkapan/kalimat sesuai materi التقديم (hiwar pendek) yang diperdengarkan
§ Mengulangi ungkapan-ungkapan hiwar yang diperdengarkan dengan intonasi dan makhraj yang baik dan benar
§ Mengidentifikasi kata dan ungkapan yang sesuai dengan makna kata/ungkapan yang diperdengarkan dalam materi التقديم
§ Menyebutkan alur cerita hiwar dengan ringkas
§ Menyebutkan maksud ungkapan-ungkapan komunikatif tentang الساعة yang terdapat dalam materi التقديم
§ Menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar tentang الساعة dengan struktur kalimat dasar yang diperdengarkan
§ Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi التقديم tentang الساعة yang diperdegarkan
§ Menentukan gambar yang sesuai dengan kata/ungkapan yang diperdengarkan
B. MATERI PEMBELAJARAN
الدرس الأول : الساعة
التقديم
(أ) + : فى أي ساعة تذهب إلى المدرسة ؟
- : نذهب فى الساعة السادسة والنصف بعد تناول الفطور
+ : كم الساعة الآن ؟
- : الساعة السادسة
+ : تعال نتناول الفطور, ثم نذهب إلى المدرسة
(ب) + : كم ساعة يستغرق الذهاب إلى المدرسة ؟
- : يستغرق نصف ساعة
+ : بالسيارة ؟
- : نعم, بالسيارة. المدرسة بعيدة قليلا عن البيت
المفردات
ساعة – نصف ساعة – ربع ساعة – ثلث ساعة – فى أي ساعة ؟ - كم الساعة – الآن – تعال – تعالي – أذهب – أتناول الفطور – بعد تناول الفطور – يستغرق الذهاب – سيارة – بالسيارة
C. METODE PEMBELAJARAN
Istima'/menyimak, Mubasyarah dan tanya-jawab
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan (10')
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan dll)
b. Motivasi
§ Penjagaan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan di ajarkan
§ Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan di capai
- Kegiatan inti (60')
JENIS KEGIATAN | ALOKASI WAKTU | NILAI KARAKTER |
Eksplorasi : Menyimak materi tentang الساعة yang diperdengarkan | 10 Menit | Ingin Tahu |
Elaborasi : - Mengulangi ungkapan-ungkapan hiwar yang diperdengarkan dengan intonasi dan makhraj yang baik dan benar - Mendengarkan penjelasan guru tentang alur cerita hiwar, maksud ungkapan-ungkapan komunikatif, ragam penggunaan kata الساعةyang terdapat dalam materi التقديم dan makna ragam الساعةyang terdapat dalam materi التقديم yang telah diperdengarkan - Menyebutkan alur cerita hiwar dengan ringkas - Menyebutkan maksud ungkapan-ungkapan komunikatif tentang الساعة yang terdapat dalam materi التقديم - Menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar tentang الساعة dengan struktur kalimat dasar yang diperdengarkan | 40 Menit | Mandiri, Ingin tahu, kreatif, kerja keras |
Konfirmasi : - Menjawab pertanyaan guru tentang makna dan gagasan dalam hiwar, serta struktur kalimat dasar yang diperdengarkan - Menentukan gambar yang sesuai dengan kata/ungkapan yang diperdengarkan | 10 Menit | Mandiri |
- Kegiatan penutup (10')
a. Guru menyimpulkan materi pelajaran
b. Pemberian tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi
E. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
a. Buku Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Tsanaswiyah Kelas VIII/DR. D. Hidayat Cet. I Semarang : PT. Karya Toha Putra, 2009
b. LKS
c. Jam/peraga langsung
d. Media gambar
F. PENILAIAN
a. Latihan Menyimak/تدريب الإستماع (terlampir)
Mengetahui, Singkil, Juni 2011
Kepala MTsN Singkil Guru bidang studi
Abdul Nani, S.Pd Sulaeman AR, S.Pd.I
Nip. 19690916 199905 1 001 Nip. 19791203 200710 1 002
Lampiran I :
المادة المسموعة للدرس الأول
بسم الله الرحمن الرحيم
Bagian A
Anda akan mendengarkan kata-kata arab. Tulislah أ atau ب atau ج atau د dalam kota sebelah kiri yang sesuai dengan kata yang anda dengar ! kita mulai !
1. (Nomor 1) - الثانية - الرابعة – السادسة – الثامنة
2. (Nomor 2) - العقيدة – الحضارة – الطبيعة - العربية
3. (Nomor 3) - الجغرافيا – التاريخ – الريضيات – اللغات
4. (Nomor 4) - الدروس – الفصول – البيوت – الاسبوع
5. (Nomor 5) - يستغرق – ينتهى – يستعير – يستريح
Bagian B
Tulislah أatau ب dalam kotak sebelah kiri yang sesuai dengan kalimat arab yang anda dengar !
1. (Nomor 1) – الساعة التاسعة وخمس دقائق – الساعة العاشرة وعشر دقائق
2. (………..) – الساعة الحادية عشرة والربع – الساعة الثانية عشرة والنصف
3. (………..) – كم ساعة تذهب إلى المدينة ؟ - فى اي ساعة تذهب إلى المدينة ؟
4. (………..) – كم حصة تدرس فى اليوم ؟ - كم يوما تدرس فى الأسبوع ؟
5. (………..) – نرجع إلى الصف مرة ثانية – نرجع إلى البيت فى الساعة الثانية
Lampiran II :
ورقة الأسئلة للدرس الأول
Bagian A
Anda akan mendengarkan kata-kata arab. Tulislah أ atau ب atau ج atau د dalam kota sebelah kiri yang sesuai dengan kata yang anda dengar ! kita mulai !

أ. الثانية ب. الرابعة ج. السادسة د. الثامنة
أ. العقيدة ب. الحضارة ج. الطببيعة د. العربية
- أ. الجغرافيا ب. التاريخ ج. الرياضيات د. اللغات
أ. الدروس ب. الفصول ج. البيوت د. الأسبوع
أ. يستغرق ب. ينتهى ج. يستعير د. يستريح
Bagian B
Tulislah أatau ب dalam kotak sebelah kiri yang sesuai dengan kalimat arab yang anda dengar !
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor : 1.02/VIII/I
Satuan Pendidikan : MTsN Singkil
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VIII/I
Pokok Bahasan : (الحوار والمفردات) الساعة
Keterampilan : الكلام/ Berbicara
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Tahun Ajaran : 2011/2012
STANDAR KOMPETENSI :
2. Berbicara : Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah
KOMPETENSI DASAR :
2.1 Melakukan dialog sederhana tentang : الساعة – النشاطات فى المدرسة – فى البيت
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang : الساعة – النشاطات فى المدرسة – فى البيت
INDIKATOR :
2.1.1 Mengucapkan mufradat baru tentang الساعة dengan lafazh dan intonasi yang baik dan benar
2.1.2 Menjodohkan (matching) mufradat baru dengan tepat tentang الساعة
2.1.3 Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan kata Tanya yang tepat
2.1.4 Bertanya jawa secara berpasangan dengan menggunakan ungkapan komunikatif tentang الساعة
2.1.5 Menjodohkan ungkapan-ungkapan baru menjadi kalimat lengkap
2.2.1 Menggunakan mufradat yang berkaitan dengan الساعة dan struktur kalimat dasar yang meliputi perbedaan makna pada : كم الساعة ؟ كم الساعة الآن ؟ - فى أي ساعة ......؟ – كم ساعة .........؟
2.2.2 Melengkapi kalimat dengan mufradat yang tepat
2.2.3 Mendeskripsikan gambar dengan menggunakan struktur kalimat yang diprogramkan
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai peroses pembelajaran siswa diharapkan mampu :
§ Mengucapkan mufradat baru tentang الساعة dengan lafazh dan intonasi yang baik dan benar
§ Menjodohkan (matching) mufradat baru dengan tepat tentang الساعة
§ Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan kata Tanya yang tepat
§ Bertanya jawa secara berpasangan dengan menggunakan ungkapan komunikatif tentang الساعة
§ Menjodohkan ungkapan-ungkapan baru menjadi kalimat lengkap
§ Menggunakan mufradat yang berkaitan dengan الساعة dan struktur kalimat dasar yang meliputi perbedaan makna pada : كم الساعة ؟ كم الساعة الآن ؟ - فى أي ساعة ......؟ – كم ساعة .........؟
§ Melengkapi kalimat dengan mufradat yang tepat
§ Mendeskripsikan gambar dengan menggunakan struktur kalimat yang diprogramkan
B.MATERI PEMBELAJARAN
المفردات :
ساعة – نصف ساعة – ربع ساعة – ثلث ساعة - فى أي ساعة ؟ - كم الساعة ؟ - الآن – تعال – تعالي – أذهب – أتناول الفطور – بعد تناول الفطور – يستغرق الذهاب – سيارة – بالسيارة.
Latihan Tanya jawab/الحوار

مثال :
+ : كم الساعة ؟
- : الثانية والربع
![]() | ![]() | ![]() | |||||
![]() | |||||||
1. 2. 3. 4.
![]() |
5
تدريب (2) :
مثال : تقرأ القرآن (5) = + : فى أي ساعة تقرأ القرآن ؟
- : فى الساعة الخامسة
1. تكتب الدرس (7) 2. تطبخين الطعام (8.15) 3. تدرس العربية (9)
4. تعملين الشاي (9.30) 5. نستريح من العلم (10)
تدريب (3) :
أجر الحوار مع صديقك كما يلى !
1. فى أي ساعة تذهب إلى المدرسة صباحا ؟
2. هل تذهب بعد تناول الفطور ؟
3. كم الساعة الآن ؟
4. تعال , نذهب معا !
5. كم دقيقة (أو كم ساعة) يستغرق الذهاب إلى المدرسة ؟
التركيب :
(أ)
كم الساعة كم الساعة الآن ؟ | الساعة السادسة – الساعة الآن السادسة |
الساعة السابعة صباحا – الساعة الآن السابعة صباحا | |
الساعة التاسعة وخمس دقائق – الساعة الآن ........ | |
الساعة العاشرة والنصف – الساعة الآن ............ |
(ب)
فى أي ساعة | تذهب إلى المدرسة ؟ |
تذاكر دروسك ؟ | |
تعدين الفطور ؟ | |
تطبخين الطعام ؟ |
(ج)
كم ساعة | يستغرق درس العربية ؟ |
يستغرق الفيلم ؟ | |
تستغرق الإستراحة ؟ | |
تستغرق الحصة الأولى ؟ |
C. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, latihan dialog dan demonstrasi
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Pendahuluan (10')
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan dll)
b. Motivasi
§ Penjagaan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan di ajarkan
§ Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan di capai
2. Kegiatan inti (60')
JENIS KEGIATAN | ALOKASI WAKTU | NILAI KARAKTER |
Eksplorasi : - Memperhatikan penjelasan guru tentang mufradat baru dalam materi hiwar - Memperhatikan instruksi guru tentang cara membuat hiwar dari materi latihan yang diberikan | 10 Menit | Ingin Tahu |
Elaborasi : - Membuat hiwar dari materi yang disediakan dengan bimbingan guru - Mengulangi ungkapan-ungkapan hiwar yang diperdengarkan dengan intonasi dan makhraj yang baik dan benar - Memperaktekkan hiwar berpasangan di bangku masing-masing - Memperagakan hiwar berpasangan di depan kelas - Mendeskripsikan perbedaan makna/arti dari penggunaan struktur kalimat, seperti penggunaan : o كم الساعة؟ atau كم الساعة الآن ؟ o فى أي ساعة ..........؟ o كم ساعة | 40 Menit | Mandiri, Ingin tahu, kreatif, kerja keras |
Konfirmasi : - Melengkapi kalimat dengan mufradat yang tepat - Mendeskripsikan gambar dengan menggunakan struktur kalimat yang diprogramkan | 10 Menit | Mandiri |
3. Kegiatan penutup (10')
c. Guru menyimpulkan materi pelajaran
d. Pemberian tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi
E. SUMBER BELAJAR
a. Buku Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Tsanaswiyah Kelas VIII/DR. D. Hidayat Cet. I Semarang : PT. Karya Toha Putra, 2009
F. PENILAIAN
a. Demonstrasi berpasangan (proses)
b. Tes Tulisan/tugas
Mengetahui, Singkil, Juni 2011
Kepala MTsN Singkil Guru bidang studi
Abdul Nani, S.Pd Sulaeman AR, S.Pd.I
Nip. 19690916 199905 1 001 Nip. 19791203 200710 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor : 1.03/VIII/I
Satuan Pendidikan : MTsN Singkil
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VIII/I
Pokok Bahasan : الساعة (القراءة )
Keterampilan : القراءة / Membaca
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Tahun Ajaran : 2011/2012
STANDAR KOMPETENSI :
3 Membaca : Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah
KOMPETENSI DASAR :
3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang : الساعة – النشاطات فى المدرسة – فى البيت
3.2 Mengidentifikasi kata, frasa dan kalimat wacana tertulis sedernana tentang : الساعة – النشاطات فى المدرسة – فى البيت
3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang : الساعة – النشاطات فى المدرسة – فى البيت
INDIKATOR :
3.1.1 Melafalkan kata, frase dan kalimat tentang الساعة dan stuktur kalimat dasar yang meliputi perbedaan makna pada : كم الساعة ؟ كم الساعة الآن ؟ - فى أي ساعة ......؟ – كم ساعة .........؟
3.1.2 Melafalkan materi qira’ah tentang الساعة dan stuktur kalimat dasar yang meliputi perbedaan makna pada : كم الساعة ؟ كم الساعة الآن ؟ - فى أي ساعة ......؟ – كم ساعة .........؟
3.2.1 Menjelaskan ketentuan membaca yang benar tentang الساعة dan stuktur kalimat dasar yang meliputi perbedaan makna pada : كم الساعة ؟ كم الساعة الآن ؟ - فى أي ساعة ......؟ – كم ساعة .........؟
3.2.2 Menjawab pertanyaan/latihan tentang makna kata,frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis/qira’ah tentang الساعة dan stuktur kalimat dasar yang meliputi perbedaan makna pada : كم الساعة ؟ كم الساعة الآن ؟ - فى أي ساعة ......؟ – كم ساعة .........؟
3.3.1 Menjelaskan gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana tentang الساعة dan stuktur kalimat dasar yang meliputi perbedaan makna pada : كم الساعة ؟ كم الساعة الآن ؟ - فى أي ساعة ......؟ – كم ساعة .........؟
3.3.2 Menjawab pertanyaan/latihan tentang kandungan bahan qira’ah tentang الساعة dan stuktur kalimat dasar yang meliputi perbedaan makna pada : كم الساعة ؟ كم الساعة الآن ؟ - فى أي ساعة ......؟ – كم ساعة .........؟
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai peroses pembelajaran siswa diharapkan mampu :
§ Melafalkan kata, frase dan kalimat tentang الساعة dan stuktur kalimat dasar yang meliputi perbedaan makna pada : كم الساعة ؟ كم الساعة الآن ؟ - فى أي ساعة ......؟ – كم ساعة .........؟
§ Melafalkan materi qira’ah tentang الساعة dan stuktur kalimat dasar yang meliputi perbedaan makna pada : كم الساعة ؟ كم الساعة الآن ؟ - فى أي ساعة ......؟ – كم ساعة .........؟
§ Menjelaskan ketentuan membaca yang benar tentang الساعة dan stuktur kalimat dasar yang meliputi perbedaan makna pada : كم الساعة ؟ كم الساعة الآن ؟ - فى أي ساعة ......؟ – كم ساعة .........؟
§ Menjawab pertanyaan/latihan tentang makna kata,frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis/qira’ah tentang الساعة dan stuktur kalimat dasar yang meliputi perbedaan makna pada : كم الساعة ؟ كم الساعة الآن ؟ - فى أي ساعة ......؟ – كم ساعة .........؟
§ Menjelaskan gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana tentang الساعة dan stuktur kalimat dasar yang meliputi perbedaan makna pada : كم الساعة ؟ كم الساعة الآن ؟ - فى أي ساعة ......؟ – كم ساعة .........؟
§ Menjawab pertanyaan/latihan tentang kandungan bahan qira’ah tentang الساعة dan stuktur kalimat dasar yang meliputi perbedaan makna pada : كم الساعة ؟ كم الساعة الآن ؟ - فى أي ساعة ......؟ – كم ساعة .........؟
B.MATERI PEMBELAJARAN
Materi Qira'ah :
أعمالنا اليومية
· الساعة الآن السادسة صباحا
حسن الآن يذاكر دروسه فى غرفة المكتب وأخته عائشة تذاكر دروسها فى غرفة المكتب وأم حسن, السيدة حليمة , تعد الفطور فى المطبخ
· الساعة الآن السابعة
يذهب حسن وأخته إلى المدرسة بعد تناول الفطور يذهب حسن بالسيارة, وتذهب عائشة مشيا على الأقدام ويذهب أبو حسن , السيد أحمد, إلى مكتبه بالسيارة. يستغرق الذهاب إلى المكتب ساعة واحدة وأم حسن لا تذهب إلى أي مكان. هي ربة البيت
· الساعة الآن الثامنة
حسن يدرس فى الفصل, هو طالب فى المدرسة المتوسطة وعائشة تدرس فى الفصل, هي طالبة فى المدرسة الإبتدائية
· الساعة الآن الرابعة والنصف بعد الظهر
يجلس حسن وأسراته فى غرفة الجلوس يتكلم حسن مع أسرته, وهم مسرورون.
C. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, membaca teks, Diskusi dan Tarjamah
D. MODEL PEMBELAJARAN
Expert Group (فقرة خبراء)
E. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan (10')
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan dll)
b. Motivasi
§ Penjagaan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan di ajarkan
§ Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan di capai
2. Kegiatan inti (60')
JENIS KEGIATAN | ALOKASI WAKTU | NILAI KARAKTER |
Eksplorasi : - Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok yang anggotanya terdiri dari 5-6 siswa hiterogen, setiap anggota diberi nomor - Setiap siswa dari beberapa kelompok yang bernomor sama berkumpul untuk membuat sebuah tim ahli - Memperhatikan instruksi guru tentang tugas yang harus dikerjakan tim ahli | 15 Menit | Ingin Tahu |
Elaborasi : - Masing-masing tim ahli melakukan diskusi tentang tugas yang diberikan oleh guru berupa potongan-potongan materi qiraah, dan setiap kelompok tim ahli diberikan potongan materi yang berbeda - Semua tim ahli kembali ke kelompok induknya dan menginformasikan hasil diskusi tim ahli - Setiap anggota kelompok menyelesaikan tugas materi qiraah secara utuh menggunakan pengetahuan yang diperoleh dari tim ahli - Kelompok mempresentasikan hasil diskusi | 30 Menit | Mandiri, Ingin tahu, kreatif, kerja keras |
Konfirmasi : - Mendengarkan evaluasi guru dari hasil presentasi kelompok | 15 Menit | Mandiri |
3. Kegiatan penutup (10')
b. Guru menyimpulkan materi pelajaran
c. Guru bersama siswa melakukan refleksi
- SUMBER BELAJAR
a. Buku Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Tsanaswiyah Kelas VIII/DR. D. Hidayat Cet. I Semarang : PT. Karya Toha Putra, 2009
G. PENILAIAN
a. Praktek membaca
b. Ta'bir/menjelaskan isi materi
c. Tarjamah (bila memungkinkan)
Mengetahui, Singkil, Juni 2011
Kepala MTsN Singkil Guru bidang studi
Abdul Nani, S.Pd Sulaeman AR, S.Pd.I
Nip. 19690916 199905 1 001 Nip. 19791203 200710 1 002
Lampiran I : Penilaian Afektif
Penilaian afektif dapat dilakukan ketika proses pembelajaran secara kelompok untuk mengobservasi perilaku siswa, dengan menggunakan format berikut ini :
1. Format Lembar Pengamatan
No | Nama | Indikator Sikap dan Nomor Indikator | Nilai Rata-rata | |||||||
Kerajinan | Kedisiplinan | Kejujuran | Kesopanan | Kerjasama | Kepedulian | Tanggung Jawab | Menghormati Pen. Teman | |||
1 | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | | |
6 | | | | | | | | | | |
7 | | | | | | | | | | |
8 | | | | | | | | | | |
9 | | | | | | | | | | |
10 | | | | | | | | | | |
11 | | | | | | | | | | |
12 | | | | | | | | | | |
13 | | | | | | | | | | |
14 | | | | | | | | | | |
15 | | | | | | | | | | |
16 | | | | | | | | | | |
17 | | | | | | | | | | |
18 | | | | | | | | | | |
19 | | | | | | | | | | |
20 | | | | | | | | | | |
21 | | | | | | | | | | |
22 | | | | | | | | | | |
23 | | | | | | | | | | |
24 | | | | | | | | | | |
25 | | | | | | | | | | |
26 | | | | | | | | | | |
27 | | | | | | | | | | |
28 | | | | | | | | | | |
29 | | | | | | | | | | |
30 | | | | | | | | | | |
31 | | | | | | | | | | |
32 | | | | | | | | | | |
33 | | | | | | | | | | |
34 | | | | | | | | | | |
35 | | | | | | | | | | |
36 | | | | | | | | | | |
2. Penilaian :
- Kriteria skor : 1 = sangat kurang - Kriteria Penilaian :
2 = kurang / jarang 15-20 = Sangat Kurang (SK)
3 = cukup 21-25 = Kurang (K)
4 = baik / sering 26-30 = Cukup (C)
5 = sangat baik / sangat sering 31-35 = Baik (B)
36 – 40 = sangat baik ( SB )
Jumlah nilai tertinggi adalah 40 di dapat dari 5 ( nilai tertinggi setiap perilaku ) 8 x ( 8 macam perilaku yang dinilai )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor : 1.04/VIII/I
Satuan Pendidikan : MTsN Singkil
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VIII/I
Pokok Bahasan : الساعة (الكتابة)
Keterampilan : الكتابة/ Menulis
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Tahun Ajaran : 2011/2012
STANDAR KOMPETENSI :
4 Menulis : Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah
KOMPETENSI DASAR :
4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana tentang : الساعة – النشاطات فى المدرسة – فى البيت
INDIKATOR :
4.1.1 Menulis kalimat-kalimat Arab tentang الساعة melalui imla’ manqul
4.1.2 Menyusun kata acak menjadi kalimat sempurna
4.1.3 Menggunakan mufradat yang tepat dalam kalimat-kalimat yang disediakan yang berkaitan dengan الساعة dan struktur kalimat dasar yang meliputi perbedaan makna pada : كم الساعة ؟ كم الساعة الآن ؟ - فى أي ساعة ......؟ – كم ساعة .........؟yang telah diajarkan
4.1.4 Menjawab pertanyaan yang disediakan dengan baik dan benar
4.1.5 Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang disediakan
4.1.6 Menyusun paragraf sederhana dengan ungkapan-ungkapan/ kalimat yang disediakan
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah melalui proses belajar mengajar, siswa diharapkan mampu :
§ Menulis kalimat-kalimat Arab tentang الساعة melalui imla’ manqul
§ Menyusun kata acak menjadi kalimat sempurna
§ Menggunakan mufradat yang tepat dalam kalimat-kalimat yang disediakan yang berkaitan dengan الساعة dan struktur kalimat dasar yang meliputi perbedaan makna pada : كم الساعة ؟ كم الساعة الآن ؟ - فى أي ساعة ......؟ – كم ساعة .........؟yang telah diajarkan
§ Menjawab pertanyaan yang disediakan dengan baik dan benar
§ Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang disediakan
§ Menyusun paragraf sederhana dengan ungkapan-ungkapan/ kalimat yang disediakan
B.MATERI PEMBELAJARAN
Materi diberikan dalam bentuk insyak muwajjah dan latihan menjawab pertanyaan sederhana dengan bahasa arab, contoh :
أجب إجابة كاملة !
مثال : فى أي ساعة تذهب إلى المدرسة ؟
أذهب إلى المدرسة فى الساعة السادسة والربع
1. أين الساعة ؟
2. كم الساعة الآن ؟
3. فى أي ساعة تصلى الصبح ؟
4. هل تساعد أمك على إعداد الفطور ؟
5. فى أي ساعة تناول الفطور ؟
C. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Imlak manqul dan Insyak muwajjah dan tarjamah
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Pendahuluan (10')
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan dll)
b. Motivasi
§ Penjagaan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan di ajarkan dan menanyakan kesiapan peralatan menulis
§ Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan di capai
2. Kegiatan inti (60')
JENIS KEGIATAN | ALOKASI WAKTU | NILAI KARAKTER |
Eksplorasi : - Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok dengan cara berhitung sehingga kelompok dapat merata dan sempurna - Masing-masing kelompok mendapatkan potongan-potongan kertas yang berisi kosa kata - Memperhatikan instruksi guru tentang tugas yang harus dikerjakan tim ahli | 15 Menit | Ingin Tahu |
Elaborasi : - Menyusun kosa kata yang terdapat dalam potongan kertas hingga menjadi kalimat atau paragraph yang sempurna (الجملة المفيدة) - Masing-masing kelompok menyerahkan hasil diskusinya kepada guru - Bila memungkinkan diadakan presentasi oleh masing-masing kelompok | 30 Menit | Mandiri, Ingin tahu, kreatif, kerja keras |
Konfirmasi : - Mendengarkan evaluasi guru dari hasil presentasi kelompok | 15 Menit | Mandiri |
3. Kegiatan penutup (10')
a. Melakukan refleksi dari materi kitabah
E. SUMBER BELAJAR
a. Buku Teks (materi kitabah bisa diambil dari materi qira'ah atau sumber lain seperti ayat Al-Qur'an yang berkenaan dengan pokok bahasan)
F. PENILAIAN
- Menyusun kata :
Susunlah kata-kata berikut ini hingga menjadi kalimat yang sempurna :
- تذهب – فى – ساعة – أي – المدرسة ؟ - إلى
- صباحا – الساعة – السادسة – الآن
- الذهاب – إلى – ساعة واحدة – يستغرق – المكتب
- الآن ؟ – الساعة – كم
- الآن – الساعة – صباحا – السابعة
- Terjemahan :
Tejemahkan kalimat berikut ini ke dalam bahasa arab :
”Sekarang pukul enam pagi, saya mengulang pelajaran di ruang belajar, setelah itu saya mandi dan makan serta berpakaian, kemudian saya berangkat ke sekolah berjalan kaki”
Mengetahui, Singkil, Juni 2011
Kepala MTsN Singkil Guru bidang studi
Abdul Nani, S.Pd Sulaeman AR, S.Pd.I
Nip. 19690916 199905 1 001 Nip. 19791203 200710 1 002
saya tidak mengerti
BalasHapus